Sabtu, 04 Agustus 2012

Cara Repair UPS ( uninterruptible power supply )

Kali ini saya ingin bagi pengalaman lagi tentang UPS termasuk cara menggunakan dan memperbaiki sendiri jika salah satu perangkat sobat bermasalah.ok kita mulai saja pembahasannya...
tapi sebelum memulai sobat bisa persiapkan alat alat terlebih dahulu dan harus mutlak ada lho kalau mau jadi tekhnisi handal :)
-Solder 
-penyedot timah
-timah
-obeng
-AVO Meter  
Selanjutnya...buka penutup upsnya terlebih dahulu..kemudian cabut kabel merah dan hitam yang menuju ke baterai.biasanya jumlah baterai yang di gunakan menunjukkan kapasitas ups itu sendiri,misalnya ups 600VA itu menggunakan 1 buah baterei,ups 1200VA itu biasanya menggunakan 2 buah baterai 12 volt 7AH,dan seterusnya.
Lepaskan baterai dengan melepaskan baut pengikat baterai dan mulai pengukuran terlebih dahulu,biasanya baterai rusak karna telah di gunakan habis seluruh arusnya sehingga tidak dapat merecycle ulang arusnya.gunakan avo meter untuk mengukur berapa sisa tegangan yang terukur dari baterai jika hasil pengukuran menunjukkan 5 volt untuk baterai 12 volt bisa di pastikan baterai nya sudah rusak dan mesti di ganti dengan yang baru.
setelah mengganti baterainya coba nyalakan upsnya...jika masih belum menyala kemungkinan besar masih ada kerusakan lain pada bagian mainboardnya.
pertama tama kita coba cek fuse pada mainboard dan semua transistor FET yang ada pada heatsink biasanya kode transistornya menggunakan IRF540  cek secara seksama jika ada transistor yang jebol langsung bisa di ganti dengan kode part yang sama.setelah itu pasang coba nyalakan lagi upsnya.
jika sudah menyala coba masukkan input tegangan pada upsnya jika sudah ada suara relay berpindah dari mode inverting ke mode normal PLN berarti ups sobat sudah dalam keadaan ready,untuk pengecekan terakhir pada posisi ups on tegangan dari PLN  coba ukur pada soket positif dan negatif baterainya,jika posisi jarum AVO meter terus naik dan menunjukan angka hingga 13,8 volt berarti ups sobat sudah siap di gunakan kembali.selamat mencoba...

1 komentar:

  1. kalo masalahx ups ga bisa menerima arus and selalu berbunyi .... itu apa maslahx boz

    BalasHapus